Skip to content
Gaya Rambut Imlek
Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

Potong Rambut Sebelum Imlek Bisa Buang Sial, Masa Sih?

Team Chief

Team Chief

CHIEF ID – Perayaan Imlek identik dengan banyak tradisi yang memiliki banyak makna. Salah satu yang paling melekat adalah tradisi potong rambut. Masyarakat Tionghoa biasanya berbondong-bondong untuk potong rambut saat menjelang perayaan Imlek karena dianggap punya makna tertentu.

Dilansir dari Kumparan, potong rambut menjelang Tahun Baru Imlek dianggap membuang semua kesialan dan beban pada tahun sebelumnya. Namun, ada larangan juga nih, salah satunya tidak boleh potong rambut tepat perayaan Imlek.

Mitosnya, dilansir dari CNN, memangkas rambut tepat pada perayaan Imlek bisa menimbulkan kesialan, memperpendek umur hingga memotong keberuntungan selama setahun ke depan. Bahkan, ada juga yang bilang kalau mandi dan keramas saat Imlek bisa berdampak serupa dengan memangkas rambut. Oleh karena itu, bisa jadi shampoo and dusting powder jadi paling berguna saat perayaan Imlek.

Chief Gentleman pasti bertanya-tanya, apa sih di balik alasan enggak boleh potong rambut saat Hari Raya Imlek? Memotong rambut biasanya menggunakan gunting atau pisau cukur. Adapun kedua benda tersebut termasuk benda tajam. Nah, dikutip dari chinesenewyear.net, benda tajam dianggap akan memotong aliran rezeki dan kesuksesan.

Alasan lain, rambut dalam bahasa Kanton disebut “Fa” yang memiliki kesamaan makna dengan kekayaan. Dengan demikian, memotong rambut saat Imlek dianggap memotong kekayaan. Makna lain yang juga masih terkait dengan rambut yakni kepala dianggap sebagai permulaan. Karena itu, masyarakat Tionghoa percaya untuk tidak keramas pada dua hari pertama Imlek yang dianggap bisa mencuci keberuntungan. Oleh karena itu, hampir semua tempat potong rambut di China bakal tutup saat perayaan Hari Imlek—karena emang enggak ada pelanggannya, dan rata-rata masyarakat ikut serta tradisi itu.

Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us