Skip to content
Merawat Rambut Sesuai Sunnah
Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

Merawat Rambut Ala Sunnah

Team Chief

Team Chief

Zaman sekarang udah banyak banget nih jenis potongan rambut yang sering jadi tren di kalangan para laki-laki. Di Chief Barbershop sendiri misalnya, banyak permintaan untuk haircut jenis French Crop atau Two Block ala korea. Ada juga potongan sejuta umat seperti Pompadour atau Comb Over.

Meskipun banyak gaya rambut tetap saja perawatannya sama. Mulai dari rajin keramas sampai konsumsi vitamin yang membantu pertumbuhan rambut. Nah, untuk orang-orang Islam ternyata ada juga lho sunnah untuk merawat rambut. Tentu saja jika dilakukan kita dapat pahala. Seru kan? merawat rambut tapi juga nabung kebaikan. Dalam kitab Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, Imam Abu Isa al-Tirmidzi menghimpun sejumlah riwayat tentang bagaimana cara Rasulullah SAW menata rambutnya, ini dia sunnahnya :

1. Arah Menyisir Rambut

Kalau biasanya kita nyisir suka asal-asalan arahnya beda dengan kebiasaan yang diterapkan Rasulullah SAW. Beliau biasanya menyisir rambut dari kiri ke kanan. Rasulullah SAW senang mengutamakan sisi kanan dibandingkan sisi kiri. Diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu anha beliau mengatakan, “Rasulullah SAW senang mendahulukan sisi kanan daripada sisi kiri. Mengutamakan sebelah kanan ketika beliau bersuci, ketika beliau menyisir rambutnya dan ketika beliau mengenakan sandalnya”.

2. Menata Rambut dibantu Orang Lain

Rasulullah SAW juga menata rambutnya. Kadang dilakukan sendiri dan kadang dibantu penata rambut (orang lain). Penata rambutnya adalah istri Rasulullah SAW yaitu Siti Aisyah RA.

Nah, jadi kalau kamu gak bisa menata rambut sendiri, tentu saja bisa minta bantuan orang lain juga kok. Termasuk datang ke Barbershop tentunya.

Mencukur Rambut di Barbershop

3. Intensitas Merawat Rambut

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal dan dari Humaid bin Abdurrahman, “Sesungguhnya Nabi SAW menata (yatarajjal) rambutnya dua hari sekali”. Adanya intensitas dua hari sekali ini dikarenakan air yang sulit ditemui di jazirah Arab kala itu. Intensitas tersebut bisa masuk ke dalam kategori rutin. Jika di Indonesia maka intensitasnya harus lebih banyak, dikarenakan mudahnya ketersediaan air untuk ditemukan. Jangan cuma sebulan sekali pastinya, bisa jadi padang pasir yang gersang di Arab pindah ke rambut kalian, bro!

Keramas Rutin


Itu dia 3 sunnah untuk merawat rambut? Gampang banget kan? Langsung deh praktekin sekarang juga biar gaspol pahala yang pas banget nih di Bulan Ramadan.

Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us