Skip to content
Keramas Yang Benar
Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

Yakin Cara Keramas Lo Bener?

Team Chief

Team Chief

Gak semua orang tahu bagaimana cara keramas dengan benar. Beberapa panduan berikut ini mungkin bisa membantu lo yang masih salah ketika berkeramas, Chief Gentlemen!

1. Pilih Shampoo yang Paling Tepat

Ada banyak shampoo yang beredar di pasaran, makanya lo musti jeli dan pilih shampoo terbaik sesuai dengan jenis rambut lo masing-masing.

2. Basahi Dulu Rambut Lo

Gunakan air dengan suhu rata-rata pada saat lo keramas karena suhu yang terlalu dingin akan menutup pori-pori pada kepala, sedangkan suhu yang terlalu panas akan menyingkirkan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit kepala.

Air terbaik untuk keramas adalah air hangat “suam-suam kuku”, bro. Air hangat ini akan mempermudah membuka lapisan kutikula dan melonggarkan pori-pori kelenjar minyak di rambut lo. Basahi seluruh rambut lo secara merata dengan air hangat agar sisa kotoran dan sebum di kulit kepala akan terbawa air.

3. Gunakan Shampoo Secukupnya

Tuangkan shampoo secukupnya di telapak tangan lo, jangan terlalu banyak, dan jangan terlalu sedikit. Sesuaikan kebutuhan shampoo yang lo pakai dengan panjang dan ketebalan rambut lo. Hindari menuangkan shampoo langsung di kulit kepala karena itu akan membuat rambut lo menjadi kering.

4. Perhatikan Teknik Keramas

Teknik keramas paling baik adalah dengan posisi badan membungkuk dengan kepala menunduk ke bawah untuk meratakan shampoo ke seluruh bagian kepala lo. Telapak tangan membuat gerakan melingkar di kepala agar shampoo berbusa. Ingat, lakukan gerakan memijat dengan ujung jari bukan menggosoknya.

Perhatikan juga cara meratakan shampo yaitu mulai dari ujung rambut lo kemudian beralih ke bagian atas, belakang, dan terakhir bagian kanan dan kiri.

5. Bilas Rambut

Bilas rambut lo menggunakan air dingin untuk membantu menutup lapisan kutikula sehingga nutrisi dari shampoo tidak hilang terbilas oleh air tadi. Bilas sampai rambut lo benar-benar bersih dan gak licin lagi.

6. Pakai Kondisioner

Selalu gunakan kondisioner setelah keramas. Ini untuk memastikan rambut selalu dalam kondisi sehat dan mencegah kehilangan kelembaban dan minyak alami yang terlalu berlebihan di kulit kepala lo. Gunakan kondisioner dengan kandungan yang kaya akan protein dan mineral.

7. Keringkan Perlahan

Jangan pernah menarik-narik terlalu keras atau menggosok rambut lo dengan handuk untuk mengeringkan rambut. Ini dapat merusak rambut dan bikin rambut lo jadi kusut, bro. Tepuk-tepuk perlahan dengan handuk atau angin-anginkan saja sampai mengering. Lo juga bisa pakai hairdryer tapi jangan terlalu dekat jaraknya dengan rambut lo.

Nah, sekarang udah terjawab kan? Seberapa sering lo musti keramas, dan gimana caranya keramas dengan benar. Kalau lo masih punya pertanyaan lain, boleh banget share di kolom komentar.

Banner-L-Men-Protein-Crunch-x-Chief-800x1200

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us